Mari Mengenal Teh Hijau!

Nov 28, 2019

Sejak dulu, teh hijau seringkali disebut sebagai elixir atau bahkan “minuman mujarab” oleh penduduk Negeri Sakura. Sejak pertama kali dikenalkan ke Jepang oleh seorang biksu bernama Myoan Eisai pada abad ke-12, teh hijau seakan menjadi minuman favorit di Jepang dan telah melebur ke dalam kehidupan sehari-hari. Hal utama yang membedakan teh hijau dari teh jenis lainnya tentu adalah warnanya, dan ternyata ada penjelasan di balik warna-nya itu! Pada dasarnya, yang dimaksud dengan teh hijau adalah teh yang tidak difermentasikan (yang sebenarnya merupakan istilah yang merujuk pada oksidasi). Teh hijau mempertahankan warna cerahnya karena diproses secara cepat untuk mencegah oksidasi; daun teh langsung dikukus dan dikeringkan segera setelah dipanen.

Namun, tahukah kamu bahwa Jepang memiliki berbagai jenis teh hijau? Variannya tergantung pada proses pengukusan dan pengeringan, kondisi tumbuh tanaman, bahkan metode penanamannya. Jenis yang paling umum dikonsumsikan di Jepang adalah Sencha, yang terdiri dari daun-daun muda yang dipetik pada panen pertama. Dikatakan bahwa Sencha memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kedua, ada matcha yang merupakan bentuk bubuk dari daun teh yang ketika tumbuh dilindungi dari sinar matahari. Semakin terang warna hijau Matcha, berarti semakin bagus kualitasnya dan juga semakin manis rasanya. Walau begitu, teh hijau yang dianggap memiliki kualitas tertinggi adalah Gyokuro. Jenis ini memiliki kandungan kafein dan klorofil yang tinggi, dan banyak yang mengatakan bahwa ia memiliki rasa yang manis tapi juga mirip rumput laut.

Adapun jenis teh hijau yang daunnya dipanggang, yaitu Hojicha, yang memiliki ciri khas warna coklat-kemerahan. Karena ia melalui proses dipanggang, Hojicha memiliki aroma yang manis dan kadar kafeinnya berkurang, sehingga banyak yang menikmatinya pada malam hari. Adapun jenis Genmaicha yang merupakan teh hijau yang dicampur dengan beras merah yang dipanggang. Cita rasanya yang ringan membuatnya cocok untuk diminum setelah mengkonsumsi makanan berminyak.

Pada dasarnya, masih ada banyak jenis teh hijau asli Jepang lainnya yang dapat dinikmati (ada sekitar 20-an varian, lho!); tinggal disesuaikan sama pilihan rasa aja! Semua jenis teh hijau pada umumnya memiliki manfaat positif bagi tubuh. Enaknya lagi, kamu sekarang gak perlu susah-susah lagi memilih teh hijau yang terbaik untuk dikonsumsi! OSK Japanese Green Tea dengan kandungan Sencha dan Matcha asli dari Jepang, ditambah dengan chlorella yang merupakan sebuah superfood, tidak hanya memberikan segala manfaat yang menyehatkan tubuh dan pikiran, tetapi juga memiliki rasa yang bahkan telah memenangkan penghargaan tingkat dunia!

Referensi:
https://www.justonecookbook.com/japanese-green-tea/
https://www.japan-guide.com/e/e2041.html
https://bento.com/fexp-greentea.html
https://www.thes-du-japon.com/index.php?main_page=page&id=4