Apa itu Chlorella?

Nov 28, 2019

Apakah sudah mengenal sosok chlorella? Ia merupakan ganggang air tawar bersel tunggal yang berasal dari Taiwan dan Jepang. Lalu apa yang membuatnya begitu spesial hingga digolongkan sebagai sebuah superfood? Chlorella secara alami kaya akan protein nabati; ia mengandung 50-60% lebih banyak protein nabati daripada kacang kedelai. Ia bahkan disebut sebagai sumber protein lengkap! Ia juga kaya akan berbagai mineral (termasuk di dalamnya sembilan macam asam amino), zat besi, omega-3, dan serat yang tentunya berkhasiat bagi tubuh.

Sifat chlorella yang seringkali mendapat perhatian adalah kemampuannya untuk membantu proses detoks; kabar baik bagi kita yang seringkali terpapar polusi dan radikal bebas! Chlorella mengikat toksin dalam tubuh dan meluruhkannya hingga keadaan dalam tubuh kembali mendekati bersih. Adapun beberapa penelitian yang telah membuktikan bahwa chlorella membantu menurunkan kadar kolesterol secara menyeluruh dan LDL secara khusus bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidannya yang cukup kaya (diantaranya klorofil, vitamin C, beta-karoten, dan likopen) dapat membantu melawan komplikasi diabetes dan penyakit kronis lainnya.

Hebatnya superfood ini adalah dapat memberi dampak positif pada kondisi tubuh yang mengkonsumsinya. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pada sel manusia yang sehat, chlorella melindungi dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif (hal yang sering dialami oleh para perokok) yang mempercepat proses penuaan. Sebaliknya, pada sel-sel dalam tubuh yang lebih tua ataupun sudah rusak, chlorella memperlihatkan efek bioremedial; ia memperbaiki bagian sel DNA yang rusak dari dalam. Benar-benar bermanfaat setiap saat!

Kini karena chlorella semakin banyak diketahui manfaatnya, permintaan konsumen pun mulai meningkat. Chlorella sekarang sudah tersedia dalam berbagai bentuk agar mudah dikonsumsi. Ada yang berbentuk bubuk, tapi bentuk ini tidak cocok bagi semua orang karena rasa dan aroma chlorella yang begitu kuat. Ada pula yang mengkonsumsi chlorella dalam bentuk tablet, walau kadang kurang efektif karena dosis yang disarankan adalah sebanyak 3-6 tablet dalam sehari. Untungnya sekarang ada OSK Japanese Green Tea yang merupakan perpaduan sempurna antara teh hijau dan chlorella asli dari Jepang, jadi cukup dinikmati dalam bentuk teh saja, dan rasakan seluruh khasiatnya!

Referensi:

https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-chlorella
https://www.medicalnewstoday.com/articles/320067.php
https://www.byrdie.com/chlorella-benefits
https://www.consciouslifestylemag.com/chlorella-benefits-health-superfood/